BAB I
ILMU SOSIAL DASAR SEBGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM
PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS
Pengertian Ilmu Social Dasar
Ilmu Social Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, pyskologi social.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menaggulanginya.
Menyadari bahawa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.
Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan:
Natural Science (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
Social Science (Ilmi-ilmu Sosial), terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
ISD DAN IPS
Perbedaan Antara ISD dan IPS:
Ilmu Sosial Dasar diberikan di Pergutuan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intektual.
Persamaan Antara ISD dan IPS:
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Keduanyamempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.
RUANG LINGKUP ISD
Tiga Golongan Bahan Pelajaran ISD:
Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
No comments:
Post a Comment
please your comment